Why I Stan BTS?

Sebenarnya aku lumayan bingung harus memulai tulisan ini dari mana, sebab terlalu banyak hal yang rasanya ingin kuungkapkan. Namun yang pasti aku tidak akan memulai tulisan ini dengan memperkenalkan BTS siapa berikut member-membernya, karena kurasa bagi kebanyakan orang, BTS bukan lagi idol grup yang asing bahkan bagi mereka yang bukan penggemarnya.

Mengapa aku berspekulasi demikian? Sebab, dulu aku pun begitu. Dulu, aku bukan penggemar idol grup manapun dalam artian penggemar yang benar-benar mengikuti idol grup tertentu, menghapal keselurhan lagu-lagunya bahkan membernya. Tidak, aku tidak pernah. Meski demikian, aku tidak menafikan kenyataan bahwa semasa sekolah menengah aku berada di lingkaran pertemanan yang notabenenya adalah penggemar K-Pop.

Sebagaimana pepatah yang menyebut bahwa ketika kita berteman dengan peracik parfum, maka kita akan kebagian wanginya, maka aku pun demikian. Karena berada di lingkaran pertemanan yang menggemari K-Pop, paling tidak aku tahu beberapa nama grup, jadi familiar dengan beberapa lagu dan mengenali satu-dua orang member dari grup tertentu, termasuk BTS. Meski semasa sekolah, aku benar-benar hanya tahu BTS dari namanya saja sementara member dan lagu-lagunya sama sekali nihil.

Tapi, apakah kamu percaya bahwa sesuatu akan didekatkan dengan kita pada waktu kita membutuhkannya? Pada beberapa hal aku percaya. Dalam konteks ini, yang kumaksud adalah saat aku pertama mengenali BTS dan lagu-lagunya, itu adalah waktu ketika aku sudah benar-benar membutuhkan mereka. Keyakinan ini lahir sebab saat aku diperkenalkan pada BTS oleh seorang teman, aku benar-benar sedang butuh healing untuk hari-hariku yang berat, penuh overthinking dan insecure. Meskipun sebenarnya temanku tidak pernah mengenalkan BTS untuk alasan itu, tapi aku percaya kalau itulah pintu yang membawaku untuk menemukan simpul dari ikatan antara aku dan BTS.

Pintu yang mengenalkanku pada lagu-lagu mereka yang menyembuhkan.

So, why I stan BTS?

Bermula dari aku yang iseng menebak nama-nama member BTS di depan temanku yang seorang Army (dan tentunya tebakanku gagal berkian kali), mencoba meminta rekomendasi lagu-lagu BTS dari mereka, tapi kupingku masih terlalu asing dengan lagu yang mereka perdengarkan.

Akhirnya aku memulai perjalananku sendiri menemukan lagu yang pas dengan seleraku. Aku mendengar lagu Life Goes On, nonton MV-nya dan berakhir kepo dengan lagu BTS yang lain.

Omong-omong bias pertamaku di BTS adalah Kim Seok Jin, karena jujur waktu itu aku terpikat visual Jin yang memukau. Saat itu, aku juga belum begitu mengenali member lain. Namun, penampilan Jung Kook yang memainkan drum membawakan lagu Dynamite berhasil membuatku ganti bias.

Sejak itu, aku yakin tidak lagi salah pilih bias. Jung Kook yang multitalenta mengingatkanku pada Ray Prasetya, musisi yang kuidolakan sejak aku berumur sepuluh tahun. Meski biasku adalah Jung Kook, tetap saja keenam member lain juga punya tempat spesial di hatiku terutama sejak aku menonton BTS in The Soop dan mengenal karakter dan kebiasaan-kebiasaan mereka.

BTS, Book and I

Tayangan BTS in The Soop dan beberapa video lain pulalah yang membuatku menyadari kalau BTS dan aku punya ketertarikan yang sama pada buku.

Mungkin tidak semua member (aku belum riset untuk yang satu ini), tetapi ketika tahu leader mereka adalah maniak buku, aku semakin yakin tidak salah mengidolakan mereka sebab aku tahu bagaimanapun buku akan memengaruhi cara pandang mereka pada sesuatu. Dan tentunya sadar atau tidak, cara pandang itu akan tertuang dalam lagu-lagu yang mereka hasilkan. Akan sampai pada siapa pun yang mendengar serta berusaha mencari tahu dan memahami makna lagu mereka.

Aku sudah mencari tahu beberapa buku yang mereka baca dan aku kaget ketika buku-buku itu adalah buku yang masuk ke daftar buku yang kuinginkan yang kebanyakan telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Beberapa di antara buku itu juga termasuk ke dalam buku dengan penjualan terbaik di Korea Selatan dan tentunya Indonesia. Kalau boleh cocoklogi, selain karena kualitas buku yang memang top, kurasa peran BTS yang membaca buku itu juga jadi salah satu faktor penting buku itu laris. BTS benar-benar memengaruhi penggemarnya untuk hal-hal yang baik. Bahkan barangkali jadi salah satu alasan orang yang semula tidak gemar membaca jadi seorang yang rajin baca buku.

Sebenarnya, inilah inti penting dari keseluruhan tulisan ini. Niat awalku menulis ini bermula sejak aku tahu member BTS juga suka membaca dan aku secara kebetulan menemukan utas dari seseorang dengan username @dogarepages di Twitter. Utasnya berisi buku-buku yang dibaca oleh member BTS dan juga telah dipakai dalam konsep BTS.

Tulisannya akan kurangkum di sini karena akan memudahkanku untuk mengingat buku-buku yang sekarang sudah otomatis jadi wishlist-ku (karena bagiku rekomendasi buku terbaik adalah rekomendasi dari seseorang yang jadi inspirasi kita). Selain itu, aku juga berharap rangkuman ini bisa bermanfaat bagi siapapun.

📒Into The Magic Shop (James R. Doty. MD) — yang dipakai untuk konsep lagu Magic Shop dan konsep Festa BTS.

📒Almond (Sohn Won-Pyung)— dibaca oleh RM di BTS in The Soop, diterbitkan oleh Grasindo.

📒Kim Ji Yeong lahir tahun 1982 (Cho Nam-Joo) — dibaca oleh Kim Nam Joon.

📒The Power of Languange (Shin Do Hyun & Yoon Na Ru) — sudah jadi wishlist-ku sebelum tahu kalau Kim Taehyung kabarnya pernah membaca buku ini.

📒I See You Like A Flower (Na Tae Joo) — buku puisi yang pernah dibaca oleh Hoseok dan menjadi inspirasi untuk lagu Serendipity.

📒Keajaiban Toko Kelontong Namiya (Keigo Higashino) — sempat viral di @literarybase dan jadi rekomendasi di mana-mana juga masuk daftar buku yang ingin kubaca dan ternyata buku ini sudah pernah dibaca oleh RM dan Seok Jin.

📒Hidup Apa Adanya (Kim Suhyun) — buku yang menarik perhatianku dari warna sampulnya yang cantik ini ternyata juga pernah dibaca oleh Jung Kook, fren.

📒Reinventing Your Life (Jeffret E. Young, Ph.D. & Janet S. Klosko, Ph.D.) — buku yang kabarnya pernah dibaca oleh Yoongi.

📒Amor Fati, Cintai Takdirmu (Rando Kim) — WAH! ada dandelion di sampul buku versi Indonesinya dan menurut @dogarepages buku ini pernah dibaca RM dan menjadi inspirasi untuk album BTS Love Yourself.

📒Demian (Herman Hesse) — pernah dibaca oleh RM dan menjadi konsep utama utama di era Wings.

📒The Little Prince (Antoine de Saint-Exupery) — buku favoritku di urutan pertama ini ternyata juga dibaca oleh RM dan menjadi salah satu referensi lagu Serendipity.

📒Map of The Soul & Map of the Soul Persona (Murray Stein) — buku ini jadi referensi untuk konsep album BTS dengan judul yang sama.

📒The Stranger (Albert Camus) — kabarnya pernah dibaca oleh RM.

📒Metamorfosis (Franz Kafka) — kabarnya pernah dibaca oleh RM.

📒Sejarah Dunia untuk Pembaca Muda (Ernst H.) — kabarnya pernah dibaca oleh RM

🌠🌠🌠

Daftar itu masih akan berlanjut, @dogarepages masih menulis banyak buku referensi yang secara tidak langsung direkomendasikan oleh BTS. Mungkin di tulisan berikutnya akan aku rangkum kembali di blog ini. Dari daftar di atas, kita tahu bahwa RM (Kim Nam Joon) ternyata pembaca buku sejati, ya.

Btw, See you in the next post! I purple You! 💜

9 responses to “Why I Stan BTS?”

  1. Wah aku gemes banged sebenernya baca pos ini. Soalnya draft tulisanku juga nyinggung bts dan tau2 udah disalip aja sama kak risna 😭😭😭😭😭 ceritanya hampir mirip sih, lagu bts banyak bgd yg aku jadiin buat healing. dan awal mula minat baca buku terjemahan korea juga karena kookie. bener deh wkwk.. btw, rekomendasi bukunya mantul semuwa tuh 🙂

    Liked by 2 people

  2. BTS emang lagi populer banget sampai sekarang ini, cuman aku sendiri gak terlalu ngefans banget sih sama BTS (maaf). Tapi aku juga suka beberapa lagunya BTS yang sering dengar di hiburan media seperti “Boy With LUV ” 🙂

    Liked by 2 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: