‘Coolyeah’ Daring

‘Bekerja di Rumah, Belajar di Rumah dan Beribadah di Rumah’

-Presiden Joko Widodo

Kampusku termasuk yang menerapkan belajar dari rumah semenjak kebijakan itu diucapkan Presiden Jokowi. Aku menyebutnya sebagai ‘coolyeah daring’ untuk pemebelajaran jarak jauh. Lebih unyu kudengar soalnya. 🐝

Berhubung kemarin jadwal kuliahku kosong, maka aku dan teman-teman baru dapat merasakan yang namanya coolyeah daring itu hari ini. Eum, gimana kesan pertamnya? Ya, lumayan okelah.

Sebenarnya banyak aplikasi atau web yang dianjurkan dari pihak universitas dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini, seperti spada, e-learning atau google classroom. Hanya saja karena satu dan lain hal termasuk error, makanya banyak dosen lebih memilih jalan simpel melalui aplikasi whatsapp.

Termasuk mata kuliah ‘Profesi Keguruan’ yang berlangsung pukul 10.00 hingga 12.00 tadi. Asli, WA yang tadinya sepi seketika ramai. *Eh… 🐌

Sisi positifnya, kami bisa mengikuti pelajaran di kosan masing-masing, ditemani kudapan gurih (itu pun kalau ada🐝). Belajarnya bisa sambil rebahan, mendengar musik (asal jangan keras-keras, nanti yang ada malah enggak fokus). Sisi positif lainnya, mengutarakan pendapat bisa jauh lebih leluasa, karena bisa diketik. Ya, kalau yang ini sih tergantung nyamannya kita aja ya. Kalau aku lebih senang mengetik bila diminta untuk mengungkapkan pendapat ketimbang harus mengirim pesan suara. Tapi, yang senang berpendapat lewat pesan suara, juga bisa leluasa berpendapat. Mungkin yang dulunya di pembelajaran tatap muka masih ragu untuk mengungkapkan pendapat karena ada di tengah-tengah banyak orang sekaligus dosen, kali ini bisa mengungkapkan isi pikirannya tanpa perlu terlalu merasa terbebani.

Bagaimana dengan sisi negatifnya?

Memangnya ada? Ya, tentu saja. 🐌 Termasuk di dalamnya adalah pembelajaran terkesan tidak beraturan. Acak. Ambyar. Bar-bar! 😖 Pesan masuk saling tumpang tindih, hingga moderator tampak cukup kewalahan menghadapi kami. 🙈 Termasuk yang mengirim pendapat lewat pesan suara, kebanyakan kuskip. Bukan apa-apa sih, cuma bagiku lebih nyaman saja membaca ketimbang harus mendengarkan. 😖

Ya, jadi demikianlah review untuk kuliah daring hari pertamaku. Sore ini masih akan dilanjutkan lagi di mata kuliah Menulis Kreatif. Semoga lebih baik. :))

.

.

.

🎓 Maret 2020

2 thoughts on “‘Coolyeah’ Daring

  1. Karena aku penggemar istilah unyu, jadi aku suka istilah itu: coolyeah daring. :3

    Segala sesuatu pasti ada plus minusnya yaa, hahaha. Btw, aku salah satu yang mungkin akan merasa terbantu dengan kelas online. Pengungkapan pendapat jadi nggak terasa membebani kayak pas tatap muka. 😅

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s