Menulis di Wattpad, Sekali Lagi

Gambar: Pinterset

Aku sudah mengenal wattpad semenjak duduk di bangku kelas sepuluh. Hanya saja, aku tak pernah benar-benar dapat menyelesaikan ceritaku di sana. Di tahun-tahun itu, aku pernah menerbitkan satu cerita dengan judul yang keseringan berganti. Rekorku di wattpad buruk sekali. Aku hanya pernah berhasil menyentuh angka lebih dari seribu pembaca. Dan karena hal itu, aku memutuskan untuk berhenti dan menghapus cerita itu–selain karena ide yang mandeg, tentu saja.

Lalu, aku kembali mencoba menulis, dengan cerita baru, tetapi lagi-lagi responsnya membuatku kecil hati. Hanya dibaca segelintir orang. Lalu kuhapus lagi cerita itu.

Di akhir tahun 2018 lalu, ada kompetisi menulis di wattpad yang diadakan oleh Penerbit Grasindo, yaitu grasindostoryinch. Saat itu aku bertekad untuk mengikuti kompetisi itu hingga akhir, tetapi aku berhenti di tengah-tengah, bahkan ketika ceritaku sedikit-sedikit mulai mengundang pembaca baru (yang mungkin berasal dari kompetitor di even itu).

Aku berhenti saat itu. Namun, ceritanya masih ada wattpad. Suatu hari aku berharap dapat menuntaskannya, kapan pun itu.

Kemudian, akhir-akhir ini, aku kembali tertarik menulis di sana. Kini, dengan tujuan yang jauh berbeda–yang kuharap jauh lebih baik–yaitu aku ingin membagikan cerita yang selama ini hanya bersarang di pikiranku dan menocba menjadikan tujuan supaya banyak dibaca oleh orang itu sebagai tujuan yang berada di urutan kesekian.

Tujuanku jauh lebih sederhana; aku ingin menyelesaikan karya itu. Aku tidak ingin memedulikan berapa pun pembacanya.

Aku berharap dengan begitu, aku bisa, paling tidak menyelesaikannya sampai akhir. ๐ŸŒป

Kemarin, akhirnya cerita baruku itu kuunggah dengan judul Us.

Aku tidak tahu kalian tertarik atau tidak, tetapi bila pensaran kalian bisa kok sekadar mengintipnya di sini โžก Us: Sebuah cerita tentang kita, yang tak pernah sesederhana u berdampingan dengan s.Us: Sebuah cerita tentang kita, yang tak pernah sesederhana u berdampingan dengan s. ๐Ÿ™‚

.

.

.

๐Ÿ“– November 2019

13 responses to “Menulis di Wattpad, Sekali Lagi”

      • Iya kalau posting cerita lewat aplikasi emang susah, biasanya aku update tulisan pakai laptop, bacanya pakai aplikasi. Apa pun platformnya, yang penting tetap semangat nulis โœŠ๐Ÿปโ˜บ

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: